sman2ponorogo@gmail.com Indonesia

Telp.

481268

APLIKASI “SOWAN” BAWA ALYSSA, TALITHA, DAN WINDI JUARA 1 LOMBA GAGASAN TERTULIS DI UGM

| | 0 Comments

Prestasi luar biasa kembali diraih oleh siswa SMAN 2 Ponorogo. Kali ini Alyssa Amelia Gadis Karyadi (XI MIPA-2), Talitha Rafa Sadiya (XI IPS-1), dan Windi Adelia Sari (XI MIPA-4) berhasil meraih juara 1 dalam Olimpiade Pariwisata #10 – 2021 cabang lomba Gagasan Tertulis. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diselenggarakan oleh Program Studi Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada.

Tema cabang lomba Gagasan Tertulis ini adalah “Strategi Pengembangan Wisata Budaya di Tengah Tren Wisata Masa Kini”. Pada tema tersebut, diharapkan para calon peserta dapat menuangkan gagasannya dalam upaya mengembangkan wisata budaya di tengah tren wisata masa kini. Saat ini, banyak sekali bermunculan tren wisata yang mengedepankan konsep estetika atau yang lebih dikenal dengan instagramable. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia untuk tetap melestarikan dan menjaga wisata budaya agar tetap menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di Indonesia serta tidak mengalami kemunduran. Maka dari itu, sangat dibutuhkan strategi praktis untuk mengembangkan wisata budaya di Indonesia agar tetap menarik untuk dikunjungi wisatawan dan menyajikan kesan yang berbeda dari sebelumnya.

Berangkat dari tema tersebut, Alyssa, dkk membuat aplikasi pariwisata yang bernama “Sowan”. Aplikasi “Sowan” berasal dari bahasa jawa yang berarti berkunjung dan dari bahasa Inggris yaitu So One yang berarti menjadi satu. Aplikasi ini adalah aplikasi wisata budaya yang menggabungkan beberapa jenis wisata, baik wisata religi, edukasi, budaya, hingga kuliner yang ada di Ponorogo menggunakan transportasi delman. Aplikasi “Sowan” memiliki tiga fitur utama yaitu PAK WISMAN (Paket Wisata Delman), TITAN (Titik Penjemputan), Dan Bay1 (Bayar Online).

Talitha menyampaikan bahwa gagasan membuat aplikasi tersebut berasal dari penggabungan ide sistem wisata terpadu dengan pelestarian transportasi delman, lalu muncul ide paket wisata delman. “Letak wisata di Kabupaten Ponorogo sangat banyak dan biasanya masyarakat hanya berkunjung di salah satu tempat wisata saja. Jadi, kami memikirkan untuk menggabungkan tempat² wisata tersebut,” jelas Talitha.

#SmadaHebat
#SmadaJayaLuarBiasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *