sman2ponorogo@gmail.com Indonesia

Telp.

481268

RA’UFA, JUARA 3 LOMBA KOMIK SEJARAH

| | 0 Comments

SMAN 2 Ponorogo kembali meraih prestasi gemilang. Kali ini, Ra’ufa Insani Lutfi, siswi kelas XII MIPA-1, berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Komik Sejarah Gelora Historia 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 17 Agustus 2021 secara daring.

Tema lomba yang diangkat adalah “Sejarah Indonesia Masa Kolonialisme 1605-1942”. Tema tersebut diambil untuk meningkatkan kesadaran dan moral pelajar sebagai generasi muda dalam upaya mencintai sejarah dan kebudayaan daerah sebagai kekayaan nasional. Peserta bebas menentukan genre komik yang akan dibuat (kecuali horor), dengan catatan sesuai dengan tema. Cerita yang diangkat Ra’ufa berjudul “Dokter Pribumi dalam Pusaran Wabah Pes”.

Ra’ufa mengatakan ceritanya bersetting tahun 1911, Yaitu tentang datangnya beras impor ke tanah air membawa mala petaka bagi masyarakat Malang. Wabah pes menyerang kota dan membuat ribuan nyawa melayang sia sia. Disisi lain para dokter Eropa itu tak sudi terjun langsung mengobati pribumi yang sudah terkapar kesakitan. Dr Tjipto Mangungkusumo tak bisa tinggal diam, menyaksikan para bumi putra tergolek lemah tak berdaya ditelantarkan bak sudah tak bernyawa.

Setelah dilakukan penjurian, karya Ra’ufa berhasil masuk 5 besar finalis dan mengikuti presentasi via aplikasi Zoom. “Dalam sesi presentasi, ada beberapa masukan dari juri. Alhamdulillah presentasi berjalan lancar dan karya saya meraih juara 3,” tambah Ra’ufa.

#SmadaHebat
#SmadaJayaLuarBiasa

One thought on “RA’UFA, JUARA 3 LOMBA KOMIK SEJARAH”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *