Home / Berita Smadapo / SMADA Siap Menyongsong Revolusi 4.0

SMADA Siap Menyongsong Revolusi 4.0

SMADA Siap Menyongsong Revolusi 4.0

Era gobalisasi terus berkembang dan mengalami perubahan. Saah satu hal yang paling menonjol dalam perubahan ini adalah dunia harus merespons perubahan tersebut dengan cara yang terintegrasi dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik itu pelaku politik global, mulai dari sektor pemerintah sampai sektor swasta, akademik, perusahaan, dan tentu saja masyarakat luas.

Tuntutan perubahan ini juga menggerakkan SMADA untuk proaktif mengikuti perkembangan jaman.

American Filtration and Separations Society (AFS) menjadii pilihan SMADA untuk melakukan kerjasaa guna menyongsong revolusi 4.0.  Program ini merupakan pertukaran pelajar sebagai upaya untuk saling mengenal kebudayaan masing-masing negera. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menabah wawasan global.

SMADA mengikuti program ini untuk menabah wawawan budaya siswa untuk siap memasuki revolusi 4.0.  Salah satu tuntutan revolusi 4.0 adalah mengasah kemampuan kolaboratif antar budaya. Berdasarkan kondisi inilah SMADA bekerja sama dengan AFS untuk bertukar kebudayaan.

Kesempatan pertama program AFS, SMADA kedatangan siswa yang bernana Ariana (17 tahun) dari Italia. Ia merupakan siswi kelas XII. Dalam program AFS Ariana berada di SMADA selama dua minggu. Upacara bendera hari senin tanggal 14 Januari 2019 Ariana berkenalan secara terbuka dengan seluruh warga sekolah dan keinginannya untuk menabah pengetahuan tentang budaya.

Selama di SMADA Ariana mengikkuti moving class sesuai kebutuhan mapel yang ia ikuti. Mapel yang ia ikuti adalah seni budaya khususnya tari kolosal reog yaitu bagian jathil, prakarya yaitu membatik, bahasa Indonesia, Bahasa jawa, bahasa Inggris, dan sejarah. Hal ini tentu saja memotivasi kompetensi kolaboratif siswa siswi SMA negeri 2 Ponorogo untuk terus mengasah kemampuannya berkomunikasi dengan baik.

Dalam proses pebelajaran dan keseharian selama di SMADA ia ditemani oleh student guide yang menjadi teman berkomunikasinya. Kesempatan ini disambut baik oleh seluruh warga sekolah, sekaligus memompa semangat untuk terus belajar mengembangkan potensi kolaboratif secara maksimal. SMADA Luar Biasa… Yesss… Yesss… Yesss…

 

 

 

 

About admin

Check Also

SPEKTAKULERNYA OPENING CEREMONY SFC 2019

SPEKTAKULERNYA OPENING CEREMONY SFC 2019             Upacara pembukaan Smada Futsal Championship 2019 berlangsung sangat spektakuler. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *