Home / Berita Smadapo / Kridha Taruna Menjadi Pembeda Di Senja Surabaya

Kridha Taruna Menjadi Pembeda Di Senja Surabaya

Kridha Taruna Menjadi Pembeda Di Senja Surabaya

            Saat senja di Surabaya pada hari Senin tanggal 17 Desember 2018 sedikit berbeda dibanding dengan hari-hari biasanya. Hal tersebut karena adanya penampilan spesial dari Reyog Kridha Taruna SMAN 2 Ponorogo dalam Parade Surya Senja (PSS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Parade Surya Senja (PSS) ialah suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulan dalam satu tahun, pada pukul 15.00 – 18.00 bertempat di lapangan utama Gedung Grahardi Surabaya. Kegiatan ini berisikan unjuk gelar pertunjukkan seni musik drum band dan seni tari masal yang diikuti oleh perwakilan daerah se-Jawa Timur.

Reyog Kridha Taruna SMA Negeri 2 Ponorogo yang merupakan pilihan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu penampil dalam Parade Surya Senja (PSS) mewakili Kabupaten Ponorogo. Rombongan Kridha Taruna berangkat pada hari Senin dini hari didampingi oleh Bapak Sugeng Hariadi, S. Pd selaku Wakasek Kurikulum, Ibu Ikasari Laksmitasari, M.Pd selaku guru seni budaya, Ibu Anita Endang, S. Pd selaku guru seni budaya, dan Bapak Marji selaku pembina dan pelatih reyog SMA Negeri 2 Ponorogo. Sedangkan pendamping dari DISPORA adalah Drs. Bambang Nurcahyo, M. Si selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo dan Ibu Siti Hanifah, S. STP. M.Si selaku Kasi dan Staf Bidang Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo.

           Kesempatan tampil di Parade Surya Senja Surabaya ini merupakan yang pertama kalinya bagi Kridha Taruna. Sehingga sangat membuat seluruh anggota Kridha Taruna dan Pembina sangat antusias. Ibu Siti Hanifah S. STP. M.Si selaku Kasi dan Staf Bidang Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo juga sangat memberikan apresiasi kegiatan tersebut. “ Parade Surya Senja sangat bagus karena mewadahi setiap pecinta seni drumband dan tari di Jawa Timur. Kegiatan ini sangat positif karena bisa memupuk rasa nasionalisme pada generasi muda dan juga menjunjung tinggi nilai budaya. Selain itu, Saya sebagai pendamping dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo merasa sangat bahagia karena bisa memfasilitasi penampilan salah satu kesenian daerah khususnya reyog dalam Parade Surya Senja. Sehingga reyog bisa semakin terkenal di daerah lain.” ungkapnya.

Sesaat sebelum upacara penurunan bendera dilaksanakan, tim Reyog Kridha Taruna tampil di depan para tamu undangan dan juga penonton. Penampilan yang sangat bagus dan maksimal membuat seluruh tamu undangan seakan terhipnotis. “ Alhamdulillah penampilan Kridha Taruna sangat luar biasa. Bahkan bisa dikatakan penampilan Kridha Taruna sanggup menghipnotis seluruh tamu undangan di pejabat jajaran lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga penonton yang memadati halaman Gedung Grahardi.” ungkap Ibu Siti Hanifah S. STP. M.Si. Siswa-siswi SMA Negeri 2 Ponorogo yang tergabung dalam Tim Reyog Kridha Taruna juga sangat senang bisa tampil dalam Parade Surya Senja. “ Saya merasa sangat bangga dan senang bisa ikut berpartisipasi dalam Parade Surya Senja. Bisa menampilkan kesenian reyog di depan Pejabat Pemerintah Provinsi jawa Timur dan juga warga Surabaya itu merupakan pengalaman yang sangat mahal. Selain itu, pelayanan yang diberikan kepada kami sungguh sangat luar biasa dan fasilitasnya juga sangat bagus. Itu juga yang membuat saya menjadi lebih sangat bahagia dan bangga.” ujar Tasya Ayu Syifa salah satu siswa anggota Tim Reyog Kridha Taruna.

Rangkaian kegiatan Parade Surya Senja ditutup dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Drh. Wemmy Niamawati dengan komandan upacara Kristian Djudang anggota Resimen Mahasiswa Universitas Surabaya.

Terima kasih kepada Pemprov Jawa Timur, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo yang telah memberikan kesempatan kepada Tim Reyog Kridha Taruna untuk ikut serta dalam Parade Surya Senja. Kridha Taruna jegeg… SMADA Luar Biasa… Yesss… Yesss… Yesss…

Gallery Kridha Taruna

About admin

Check Also

GEMILANG di GEBYAR EKONOMI SYARIAH 2019

GEMILANG di GEBYAR EKONOMI SYARIAH 2019             Lagi dan lagi siswa-siswi SMA Negeri 2 Ponorogo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *