Home / Berita Smadapo / BANTARA 2018 “Keren Gembira Bersinergi”

BANTARA 2018 “Keren Gembira Bersinergi”

BANTARA 2018 “Keren Gembira Bersinergi”

            Jum’at tanggal 14 Desember 2018 ditengah-tengah wali murid kelas X, XI, dan XII menghadiri undangan penerimaan rapor siswa-siswi SMA Negeri 2 Ponorogo kelas X memenuhi lapangan tengah sekolah. Itu bukan karena mereka ingin demo atau apa, melainkan mereka melaksanakan upacara Pembukaan BANTARA Gugus Depan 01-121/01-122 Pangkalan SMA Negeri 2 Ponorogo. Upacara tersebut merupakan awal dari kegiatan Bantara  yang diselenggarakan oleh Ekstrakurikuler Pramuka yang merupakan Program Kerja Tahunan dari ekskul Pramuka. Rangkaian kegiatan BANTARA tahun 2018 dibuka oleh Kak Wahyu Aji Pamungkas yang merupakan salah satu Pembina Ekstrakurikuler Pramuka. Dalam sambutannya beliau mengatakan adanya perbedaan peserta  BANTARA tahun ini dan tahun lalu. “Dalam bantara tahun ini, kami selaku pembina dan para pelatih membuat terobosan baru yang berbeda dengan tahun lalu yaitu semua siswa-siswi kelas X baik MIPA maupun IPS wajib mengikuti Bantara. Agar tidak ada kecemburuan antara siswa satu dengan yang lainnya.” ungkap Kak Aji saat memberika sambutan dalam upacara Pembukaan BANTARA.

            BANTARA merupakan salah satu program kerja tahunan dari ekstrakurikuler Pramuka SMA Negeri 2 Ponorogo. BANTARA merupakan kepanjangan dari Bantuan Tenaga Rakyat. Di tahun 2018 ini, Bantara dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Desember 2018 di sekolah.  Tidak banyak kendala yang dihadapi pada pelaksanaan Bantara tahun ini. Mungkin masalah cuaca yang mana sudah masuk musim penghujan, jadi ada kegiatan yang harusnya dilaksanakan di lapangan terbuka dengan sangat terpaksa harus dilaksanakan di Aula. “Tidak ada kendala yang cukup besar. Hanya karena sudah masuk musim penghujan ada salah satu kegiatan yang harusnya di lapangan tengah kita alihkan ke aula karena hujan. Mungkin itu saja kendalanya.” tutur Kak Aji.

            Tujuan diadakannya BANTARA adalah meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan rasa tanggung jawab, rasa cinta terhadap nusa dan bangsa, memperoleh pengalaman dan keterampilan, memberdayakan sumber daya anggota pramuka untuk hidup disiplin, memantapkan mental dan fisik, memupuk jiwa kepemimpinan, dan pencapaian SKU BANTARA. Selain itu Kak Aji selaku Pembina Pramuka berharap dengan adanya BANTARA bisa menambah wawasan serta kecakapan peserta didik yang sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka dan menerapkan pendidikan karakter yang kelak akan berguna bagi kehidupan peserta didik di masa mendatang. Selain itu, juga melatih kemandirian, kedisiplinan para peserta didik. Semua tujuan dari BANTARA itu direalisasikan dalam bentuk kegiatan kreasi buah, miniatur pionering, hasta karya, unggun gembira, pentas seni, penyelesaian SKU, giat pribadi dengan memasak bersama, dan juga operasi semut.

            Sebelum upacara penutupan, diadakan kegiatan QnA atau tanya jawab tentang pelaksanaan BANTARA dan PTA. Jadi siswa-siswi kelas X diberi kesempatan untuk memberikan pendapat, usul atau kritik demi semakin bagusnya pelaksanaan BANTARA di tahun yang akan datang. Setelah itu, siswa-siswi diajak untuk operasi semut yang mana kegiatan ini untuk memungut sampah yang mungkin masih ada di sekitar sekolahan. Tepat pada pukul 11.00 WIB upacara penutupan BANTARA Gugus Depan 01-121/01-122 Pangkalan Bung Tomo RA Kartini SMA Negeri 2 Ponorogo dilaksanakan. Selamat dan sukses pelaksanaan BANTARA tahun 2018. Sampai jumpa di pelaksanaan BANTARA tahun 2019. SMADA Luar Biasa… Yesss… Yesss… Yesss…

About admin

Check Also

DELTA MATHEMATIC PROBLEM SOLVING OLYMPIAD 2019

DELTA MATHEMATIC PROBLEM SOLVING OLYMPIAD 2019             Siswa-siswi SMA Negeri 2 Ponorogo kembali meraih prestasi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *