Home / Berita Smadapo / Angleluri Budoyo Jowo Abisatya Laras SMADA  Tetep Ngremboko

Angleluri Budoyo Jowo Abisatya Laras SMADA  Tetep Ngremboko

Angleluri Budoyo Jowo

Abisatya Laras SMADA  Tetep Ngremboko

            Angleluri Budoyo Jowo, Abisatya Laras SMADA  Tetep Ngremboko. Dalam beberapa minggu terakhir, yel-yel itulah yang sering diteriakkan bersama-sama oleh beberapa Bapak/Ibu guru dan karyawan SMA Negeri 2 Ponorogo saat berkumpul di kediaman Ibu Hj. Dra. Lilik Hermiwi, M. Pd kepala SMA Negeri 2 Ponorogo. Kegiatan Bapak/Ibu guru dan karyawan di sana tidak lain tidak bukan adalah untuk membentuk tim karawitan dan juga berlatih karawitan dalam rangka persiapan mengikuti lomba karawitan yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Ponorogo dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-73 tahun 2018.

            Abistya Laras sendiri dipilih menjadi nama tim karawitan SMA Negeri 2 Ponorogo karena syarat makna. Diambil dari bahasa sansekerta Abisatya berarti perkumpulan sahabat karib yang mempunyai tujuan yang sama, sedangkan Laras berarti nada atau suara. Jadi dapat diartikan bahwa Abisatya Laras adalah sekelompok sahabat karib yang mempunyai tujuan yang sama dalam hal suara atau nada.

            Dalam persiapan mengikuti perlombaan, tim Abisatya Laras berlatih secara inten selama hampir 3 minggu, terhitung waktu yang sangat singkat karena semua memulai dari nol atau semua belum pernah ikut menjadi anggota karawitan. Namun dengan semangat kebersamaan dan juga didampingi oleh pelatih yang sangat sabar dan telaten yaitu Bapak Sumanto, S. Kar., tim yang awalnya pesimis bisa menyelesaikan 1 tembang wajib yaitu “Pangkur Gala-Gala” dan 1 tembang pilihan “Mbok yo mesem” menjadi sangat-sangat optimis. Semangat Bapak/Ibu guru dan karyawan dalam berlatihlah yang membuat proses latihan menjadi sangat maksimal. Mereka juga tidak mengenal lelah latihan pagi, sore, malam. Setelah seharian melaksanakan tugas dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, malamnya latihan juga tidak masalah bagi mereka. Karena apa ? karena mereka merupakan sahabat karib yang mempunyai tujuan yang sama yaitu membanggakan nama SMA Negeri 2 Ponorogo dalam lomba karawitan. Dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa Bapak/Ibu guru dan staff karyawan SMA Negeri 2 Ponorogo juga “Ngleluri Budoyo Jowo”.

            Berikut ini adalah tim karawitan Abisatya Laras SMA Negeri 2 Ponorogo yang mengikuti lomba karawitan dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-73 pada hari Sabtu 24 Nopember 2018 di Padepokan Alun-Alun Kabupaten Ponorogo :

DAFTAR NAMA TIM ABISATYA LARAS

LOMBA KARAWITAN HUT KE-73 PGRI DAN HARI GURU NASIONAL

SMA NEGERI 2 PONOROGO

NO. NAMA TUGAS
1. Pujangga Adi Prakoso, S. Pd Koordinator
2. Kukuh Widodo, S. Pd Pendamping
3. Sumanto, S. Kar Pelatih
4. Rima Susanti, S. Pd Bonang Barung
5. Siri Hajar Febrianti Bonang Penerus
6. Kusnandarti, S. Pd Saron 1
7. Mukti Sintawati, S. Pd Saron 2
8. Pujangga Adi Prakoso, S. Pd Saron 3
9. Moh. Heru Prasetyawan, S. Pd.I Demung 1
10. Hayik Lana Min Rosyada, S. Pd Demung 2
11. Siswoyo, M. Pd Peking
12. Saifuddin Alif Nurdia, S. Pd Slenthem
13. Hardika Endrik Agiyan, S. Pd Gong
14. Moh. Mansyur Anwar, S. Sos.I Kenong
15. Fahad Zunan Ahmadi, S. Pd.I Kethuk
16. Teguh Santoso, M. Kom Gerong
17. Ayu Natiti K, S. Pd Gerong
18. Nurul Widayati, S. Pd Gerong
19. Anita Endang A, S. Pd Gerong
20. Ikasari Laksmitasari, M. Pd Gerong
21. Alfi Ulinnuha, M. Pd.I Gerong
22. Miya Aliful Lutfiana Sinden

 

            Pepatah mengatakan “Bahawa proses tidak akan membohongi hasil” benar adanya. Perjuangan Bapak/Ibu guru dan karyawan seakan terbayar dengan prestasi yang membanggakan. Di akhir perlombaan, Tim Karawitan Abisatya Laras SMA Negeri 2 Ponorogo menjadi juara harapan 1. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan dan semoga ini menjadi awal yang baik untuk tim Karawitan Abisatya Laras SMA Negeri 2 Ponorogo. Berikut adalah hasil perlombaan :

  • Juara 1 : PGRI Cabang Ngrayun
  • Juara 2 : Hayunda Laras SMP Negeri 2 Ngrayun
  • Juara 3 : Sri Manunggal SMP Negeri 1 Ponorogo
  • Juara Harapan 1 : Abisatya Laras SMA Negeri 2 Ponorogo
  • Juara Harapan 2 : Dwijo Laras MKKS SMP Ponorogo
  • Juara Harapan 3 : Ganesha Laras SMA Negeri 1 Ponorogo

Sekali lagi selamat kepada tim karawitan Abisatya Laras SMA Negeri 2 Ponorogo. SMADA Luar biasa… Yesss… Yesss… Yesss…

About admin

Check Also

SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI

SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI             “SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI”. Petikan karya tulis ilmiah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *