Home / Berita Smadapo / SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI

SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI

SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI

            SABDA JATI, PANGGUNGGUNGE WEWARAH SEJATI”. Petikan karya tulis ilmiah siswa-siswi SMA Negeri 2 Ponorogo dalam bahasa jawa yang pulang ke Bumi Reyog dengan prestasi yang sangat gemilang mengalahkan sekian banyak peserta dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, maupun Yogyakarta dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Bahasa Jawa yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Petikan karya tulis tersebut mempunyai makna serat (surat) yang digunakan untuk obyek penelitian yang diagung-agungkan.

SMA Negeri 2 Ponorogo mengirimkan siswa-siswi terbaik untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Bahasa Jawa Tingkat SMAN/SMK/MA se-Jawa Timur – Yogyakarta tahun 2018  yang diselenggarakan oleh Fakultas Pendidikan Basa lan Sastra Jawi Universitas Negeri Surabaya atas nama Gustiana Merdikaningrum kelas XI MIPA 6 selaku ketua, Ericka Mega kelas XI MIPA 1 dan Nevia Roxanne Belva Mazidah kelas XI MIPA 4 selaku anggota. Lomba karya tulis bahasa jawa yang diselenggarakan UNESA ini dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan awal seluruh peserta diwajibkan untuk mengirimkan karya tulisnya.  SMA Negeri 2 Ponorogo di bawah bimbingan Ibu Rima, Ibu Mila, dan Bapak Hayik mengirimkan karya dengan judul “Nile sosial serat sabda jati kagem ngirangi dekadensi moral siswa kanthi cara gerakan kasusastraan Bahasa Jawi”. Dari sekian banyak karya tulis peserta diambil 10 untuk masuk ke babak final yang salah satunya adalah hasil karya siswa-siswi SMA Negeri 2 Ponorogo.

Moment saat penyerahan trophy, piagam, dan uang pembinaan

Di babak final, yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 18 Nopember 2018 seluruh peserta diwajibkan mempresentasikan karya mereka di hadapan semua juri maupun penonoton (peserta lomba yang lain dan juga panitia) yang ada dalam tempat perlombaan. Saat sesi presentasi, peserta juga diberikan beberapa pertanyaan oleh para juri. Syukur alhamdulillah, dari semua tahapan lomba yang sudah dilalui, kontingen SMA Negeri 2 Ponorogo berhasil memperoleh juara 2.

Selamat kepada nak Gustiana, nak Ericka, dan nak Nevia atas prestasi yang diraih. Semoga terus tanpa henti mengejar prestasi untuk membanggakan almamater SMAN 2 Ponorogo. Selamat kepada pembina, Ibu Rima, Ibu Mila, dan Bapak Hayik. SMADA Luar Biasa.. Yess.. Yess.. Yess..

About admin

Check Also

Angleluri Budoyo Jowo Abisatya Laras SMADA  Tetep Ngremboko

Angleluri Budoyo Jowo Abisatya Laras SMADA  Tetep Ngremboko             Angleluri Budoyo Jowo, Abisatya Laras SMADA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *