Breaking News
Home / Berita Smadapo / MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMA NEGERI 2 PONOROGO TAHUN 2018

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMA NEGERI 2 PONOROGO TAHUN 2018

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)

SMA NEGERI 2 PONOROGO

TAHUN 2018

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan serupa dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Pada kebanyakan sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, terkadang MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan kepala sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan keterlibatan kelompok OSIS.

Prosesi Penyerahan Peserta Didik ke sekolah

 

Senin, 16 Juli 2018, SMA Negeri 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2018/2019 dengan diawali prosesi penyerahan peserta didik baru dari orang tua ke sekolah. Yang mana kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh wali murid peserta didik baru. Dalam prosesi tersebut, wali murid diwakili oleh Bapak Heroe yang merupakan salah satu wali murid peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019 menyerahkan secara simbolik kepada Ibu Kepala SMA Negeri 2 Ponorogo Dra. Lilik Hermiwi, M.Pd.

Kepala SMAN 2 Ponorogo Dra. Lilik Hermiwi, M. Pd

saat penyematan tanda peserta MPLS 2018

 

Kegiatan MPLS tahun 2018 diketuai oleh Bapak Sugeng Hariadi, S.Pd yang juga selaku Wakasek Kesiswaan ini diselenggarakan dengan tujuan agar siswa bisa mengenal lingkungan sekolah baik itu teman sebayanya, kakak kelas, staff tata usaha, guru dan juga semua peraturan-peraturan yang ada di SMA Negeri 2 Ponorogo. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 16 – 21 Juli 2018 yang mana dalam kegiatan tersebut di pandu oleh Bapak Ibu Guru dan anak-anak OSIS. Selain itu, pihak sekolah juga bekerja sama dengan KODIM dan POLRES Ponorogo guna menyampaikan materi.

Penyampaian materi oleh Bapak dan Ibu Guru

 

Selamat datang peserta didik baru 2018/2019, mari bersama-sama mengejar prestasi untuk mengharumkan nama SMA Negeri 2 Ponorogo. SMADA.. yes.. yes.. yes.. luar biasa..

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *