Soscienmation Suksesss…

By: Mahrunnisa 11 IPS 2

Ini dia acara terbesar dari ekstra Study Club SMADA yaitu Soscienmation.  Event ini merupakan acara adu otak atau bisa disebut dengan Olimpiade untuk mata pelajaran IPA dan IPS untuk SMP/MTS sederajat. Nama Soscienmation sendiri berarti SOS (sosial), SCIEN (sains) dan MATION (kompetisi). Nama ini belum terlalu lama dipakai lo guys, ternyata baru memakai nama ini selama 4 tahun terakhir. Dulunya namanya cuma SCIENMATION namun setelah pembinannya bu Ayu Nastiti maka perlombaannya ditambah mapel IPS atau sosial. Hebatnya lagi tahun ini Soscienmation sudah mencakup se-eks karisidenan Madiun.

Acara yang besar tentu saja persiapannya juga harus matang. Mulai dari sie materi yang tugasnya menyiapkan soal yang berlandas pada SKL (standart kelulusan) SMP/MTS sederajat. Soal yang dipilih juga soal pilihan dengan tingkat kesulitan menengah sampai atas. Soal juga dibahas bersama guru senior yang sudah tidak diragukan lagi. Sie humas yang bertugas menyiapkan surat – surat, sie sekretariatan yang menyiapkan piagam dsb.

“Disetiap persiapan pasti ada kendala yang meliputi perijinan, persuratan, mencari piala bergilir baru karena piala bergilir tahun lalu sudah menetap di SMPN 1 Ponorogo dan juga dikarenakan tahun ini perlombaan selesai dalam satu hari. Terdapat kendala disertifikat yang tidak bisa langsung dibawa. ” ujar Bu Ayu. Meskipun aula dalam proses renovasi namun tak menyurutkan meriahnya Soscienmatio.

Harapannya semoga Sosciemation ini pesertanya lebih banyak, sehingga masyarakat semakin tahu kondisi lingkungan di SMA N 2 Ponorogo.

  • Juara 1 IPA

Pemenang dalam acara Soscienmation dalam mata pelajaran IPA ini diraih oleh SMPN 2 Pulung. Mereka mengikuti acara olimpiade ini untuk menambah pengalaman dan untuk mengukur kemampuan mereka. Dalam hal persiapan kedua anak ini selalu mendapatkan bimbingan dari sekolah dan juga ditambah les dari luar. Walaupun setiap hari harus pulang sore dan mendapat nilai jelek di mata pelajaran lain tak menyurutkan niat untuk terus belajar. Mereka sepakat untuk belajar diwaktu sore sampai malam hari dan tidak lupa menambah ibadah.

Perasaan mereka saat mendapat juara 1 sangat senang, dan juga kaget. Mereka berharap setelah mengikuti perlomabaan ini supaya bisa menjadi lebih baik lagi. Juara 1 ini menjadi motivasi bagi mereka. Dan harapan mereka terhadap Soscienmation kedepannya menjadi lebih baik dan berkembang dari sebelumnya.

  • Juara 1 IPS

Nah ini juara dari mata pelajaran IPS diraih oleh SMPN 1 Geger. Alasan mereka mengikuti Soscienmation ini untuk membanggakan orang tua, ingin mengikuti lomba lebih banyak lagi karena sudah kelas  9  supaya mudah mencari sekolah dan untuk menambah pengalaman agar lebih baik lagi. Menurut mereka acara ini sangat bagus untuk memotivasi untuk tetap bersaing sehat dan terus mengeksplor kemampuan diri. Kendala yang mereka hadapi terkadang malas untuk belajar jika materi yang dipelajari susah dan tim yang sering berdebat karena berbeda pendapat. Namun semua itu mereka atasi dengan rutin mengikuti bimbingan sampai sore dan juga belajar mandiri dirumah. Terkadang mereka juga latihan cerdas cermat supaya tetap terjaga kekompakannya. Ditambah dengan doa setelah serangkaian usaha tersebut.

Juara 1 IPA dan IPS SCIENMATION

Bersyukur, bangga, nggak nyangka dan Alhamdulillah adalah perasaan mereka rasakan saat tahu kalau memenangkan perlombaan ini. Dari memenangkan lomba ini mereka berharap bisa mempertahankan piala untuk adik – adik kelas dan tetap bisa mengikuti lomba yang lebih banyak lagi. Tak juga harapan untuk diri mereka, juga harapan untuk acara ini kedepannya.  Supaya tetap rutin diadakan karena merupakan salah satu motivasi bagi mereka dan semoga tahun depan lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan