SEMARAK SMADA SCOUT COMPETITION XII

SEMARAK SMADA SCOUT COMPETITION XII

SMADA SCOUT COMPETITION atau SSC merupakan kegiatan lomba pramuka yang diadakan oleh ambalan Bung Tomo-RA Kartini setiap tahun. SSC XII 2017 kali ini mengambil tema “ Vidya Karma Vira Paksa Trimatra Bakrie untuk Negeri” yang mempunyai arti “Ksatria yang Berilmu Pengetahuan dan Berani serta Bermanfaat untuk Memajukan Negeri.”

Tahun ini SSC dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2017 yang diikuti oleh beberapa pangkalan se-eks karesidenan madiun. Kali ini SSC mempunyai konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana lomba dilaksanakan dengan system olimpiade. Konsep ini merupakan ide kreatif dari para dewan ambalan dan juga Pembina karena dari konsep lomba sebelumnya sudah  banyak digunakan juga sebagai konsep lomba pramuka di pangkalan lainnya. Hal lain yang membedakan SSC tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu pada tahun ini peserta lomba tidak hanya dari tingkat siaga dan penggalang, tetapi juga tingkat penegak dengan jumlah peserta labih banyak yaitu 856 pesrta. Pada SSC XII ini terdapat 12 mata lomba dimana terdapat 1 mata lomba untuk siaga, 4 mata lomba untuk penggalang SD, 4 mata lomba untuk penggalang SMP/MTs dan 3 mata lomba untuk penegak SMA/MA/SMK. SSC XII 2017 ini memperebutkan 75 trophy, yaitu trophy kejuaraaan pada setiap mata lomba, trophy juara umum, trophy bergilir, dan juga uang pembinaan.

SSC XII tahun ini secara resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Ponorogo Drs.H.Soedjarno,MM. Beliau menyematkan tanda peserta pada kegiatan ini secara simbolis. Pada sambutan pembukaannya beliau megapresiasi atas digelarnya SSC XII 2017 lantaran bisa untuk mempererat tali persaudaraan serta meningkatkan semangat , kreativitas, serta sportivitas anggota pramuka yang ada di Ponorogo  maupun eks karesidenan Madiun. Menurutnya, kagiatan ini tidak hanya ajang perlombaan semata, tetapi juga menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan kepramukaan. “Ini juga sebagai tolak ukur keberhasilan pembunaan pramuka selama ini” ujarnya.

Penyematan Tanda Peserta Ketua Kwartir Cabang Ponorogo Drs.H.Soedjarno,MM

Upacara Pembukaan Smada Scout Competition XII

            Dalam konsep yang berbeda, SSC XII 2017 berlangsung dengan durasi yang berbeda pula. Semua perlombaan dimulai dengan waktu yang bersamaan. Pada sekitar pukul 11.05 sudah dimulai babak final pada beberapaa lomba. Setelah semua lomba selesai, para peserta maupun Pembina pendamping beristirahat di basecamp masing-masing. Sementara itu, untuk mengisi waktu di sela-sela istirahat, beberapa peserta juga ada yang berjoget dan bernyanyi bersama. Upacara penutupan pada SSC XII kali ini dilaksanakan pada sekitar pukul 14.30 yang sekaligus di dalamnya diumumkan kejuaraan pada masing-masing lomba maupun juara umum pada tingkat Penggalang SD, Penggalang SMP, dan Penegak SMA. Riuh kegembiraan peserta yang mendapatkan kejuaraan pada upacara penutupan SSC XII terdengar saat nama pangkalan mereka dipanggil ke depan untuk menerima trophy.

Juara Umum Tingkat Penegak SSC XII

 

Juara Umum Tingkat Penggalang SSC XII

Selamat kepada para pemenang….

Sukses Smada Scout Competition XII….