Informasi Sekolah

Obat Herbal Si-Artis Rock’s (Substitusi Artocarpus Altilis dan Rock Sugar) Sebagai Obat Alternatif Mencegah dan Mengobati Penyakit Asam Lambung

Karya: Devi Erlindhea Fitri

SMA NEGERI 2 PONOROGO

Email : devierlindhea3@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang termasuk dalam khawasan negara agraris. Sebagai negara agraris, Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang melimpah dengan posisi yang amat strategis. Mulai dari sisi geografis, Indonesia terletak pada daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Sehingga memiliki berbagai kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan alam yang dapat tumbuh subur di wilayah tropis yaitu tumbuhan sukun. Akan tetapi, dalam kenyataannya tumbuhan tersebut kurang dimanfaatkan oleh penduduk. Alasannya karena bahan tersebut dinilai sangat tidak bermanfaat. Sehingga tanaman sukun hanya dibiarkan berjatuhan sampai membusuk.

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka peneliti melakukan observasi ke daerah Jawa Timur, khususnya daerah Ponorogo di Desa Kapuran Kecamatan Badegan. Di daerah tersebut, tumbuhan sukun tumbuh dengan subur dalam jumlah atau skala yang cukup besar. Namun, selama ini di Desa Kapuran buah sukun hanya dimanfaatkan sebagai bahan camilan dan kolak. Padahal buah sukun dapat digunakan sebagai obat pegel linu, kecapean, tukak asam lambung, mencegah sakit jantung, mencegah kolestrol, penurun kandungan gula darah, dan sebagainya. Maka dari itu, penulis mengaplikasikan buah sukun menjadi sebuah produk obat herbal yang diberinama Si-Artis Rock’s (Substitusi Artocarpus Altilis dan Rock Sugar) sebagai obat alternatif mencegah dan mengobati penyakit asam lambung. Cara pembuatannya cukuplah mudah. Pertama siapkan buah sukun yang telah dicuci dan dikupas. Selanjutnya potong buah sukun menjadi potongan kecil. Lalu masak dengan campuran air panas dan gula batu. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20menit agar kaldunya dingin. Selanjutnya siap untuk dikonsumsi.

Penulis berharap inovasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya nilai kesehatan dan mampu mengolah bahan pangan lokal yang ada di sekitarnya. Selain itu, warga Indonesia juga dapat mencegah dan megatasi penyakit asam lambung sejak dini. Sehingga kesehatan warga menjadi terjamin dan tidak tergantung pada obat-obat kimia.

 

Kata Kunci: Artocarpus Altilis, Asam Lambung, Obat Herbal, dan Rock Sugar